SIMKADES – Software Alokasi Dana Desa Resmi

Panduan Membuat SPJ ADD bagi bendahara Desa

Panduan membuat SPJ ADD yang benar sangat dibutuhkan oleh bendahara desa. Karena Bendahara desa adalah bagian yang penting bagi desa. tugas bendahara desa adalah membuat laporan pertanggung jawaban keuangan desa atau SPJ ADD. Namun banyak bendahara desa yang kesulitan dalam membuat SPJ ADD, sehingga SPJ ADD terlambat untuk dilaporakan kepada bupati, yang menyebabkan terlambatnya pencairan Dana ADD untuk tahap berikutnya.

Untuk membuat SPJ ADD, bendahara desa harus memahami perbub no 37 tahun 2007. Dalam perbub ini sudah terdapat panduan membuat SPJ ADD. Namun untuk lebih ringkasnya berikut ini adalah saya rankum panduan membuat SPJ ADD dari perbub no 37 tahun 2007,

 panduan membuat SPJ ADD

1. Buat Rencana anggaran desa selama 1 tahun. Rencana anggaran ini dibuat per item rekening.

misalkan :

-untuk pembelian seragam dinas:   rencanankan berapa dana yg dianggarkan   selama 1 tahun

- untuk kegiatan bimtek, berapa dana yang dianggarkan selama 1 tahun dsb

panduan membuat SPJ ADD

2. Setelah dianggarkan untuk 1 tahun, buat skedul pelaksanaan ADD  yang dilakukan per triwulan atau per tahap. skedul tersebut harus menjelaskan pada triwulan berapa pembelian seragam dinas dilakukan. apakah pada ADD tahap 1 atau aDD tahap 2. Demikian juga untuk kegiatan bimtek, pada triwulan / tahap berapa dilakukan. pada ADD tahap 1, ADD tahap 2, AD tahap 3, atau ADd tahap 4.

panduan membuat SPJ ADD

3. Semua kegiatan per kode rekening harus dibuat skedul, yang dilaksanakan per tahap atau per triwulan. Skedul ini adalah acuan bendahara untuk melakukan belanja desa per bulan. Dalam 1 tahun anggaran, ada 4 tahap pelaksanaan ADD.

4. Buat laporan penerimaan dan pengeluaran ADD  tiap bulan. laporan ini dituangkan dalam bentuk Buku Kas Umum Dana ADD (BKU ADD) yang dibuat per bulan. Laporan pengeluaran tidak boleh melebihi dari skedul anggaran.

Panduan membuat  SPJ ADD

5. Dalam pembuatan BKU, bendahara desa harus melampirkan kuitansi dan notayang didapat dari toko

6 . Buat buku pembantu pajak, jika ada transaksi yang terkena pajak.

 

7. B uat laporan penerimaan per obyek penerimaan, dan laporan pengeluaran per obyek pengeluaran. Laporan ini sebenarnya sama dengan BKU, hanya saja laporan dipecah antara penerimaan dan pengeluaran, tidak digabung seperti pada BKU.

panduan membuat SPJ ADD

 

panduan membuat SPJ ADD

8. Buat juga laporan rekapitulasi. Laporan rekapitulasi hanya dibuat tiga bulan sekali.

Karena dalam 1 tahun anggaran ada 4 tahap pencairan ADD, maka bendahara desa harus melaporkan tiap tahap. Laporan SPJ ADD tahap 1 harus sudah selesai sebelum datang Tahap 2, karena SPJ ADD tahap 1, merupakan  syarat yang harus dipenuhi untuk mencairkan Dana ADD tahap 2. Demikian juga seterusnya.

Demikian panduan membuat SPJ ADD bagi bendahara desa.

 

Leave a Reply

Office

IT Addict

PT Esa Cipta Sejahtera
Jl.Ketintang Baru III/79
Surabaya
Fax : 031-8270653

Rekening Kami

BCA